cara biar tidak stress pas macet di pancoran pengadegan kalibata dan sekitarnya

cara biar tidak stress pas macet di pancoran pengadegan kalibata dan sekitarnya

Untuk Anda yang tinggal di perkotaan maupun daerah padat penduduk dan kendaraan, tentu sudah tidak asing dengan masalah kemacetan lalu lintas. Jarak yang mungkin hanya berkisar 2 KM seakan terasa seperti 10 KM karena harus menghabiskan waktu tempuh yang begitu lama akibat kemacetan jalan, baik ketika mengendarai mobil pribadi maupun menggunakan jasa angkutan umum.

Meski solusi mengatasi kemacetan jalan raya sudah digalakkan seperti ketersediaan angkutan umum yang lebih layak dalam jumlah besar serta peraturan ganjil genap di jam-jam tertentu, kemacetan lalu lintas masih saja terus terjadi, bahkan semakin parah. Selain masalah boros bahan bakar bensin, dampak kemacetan seperti tabrakan atau kecelakaan bisa saja terjadi setiap detik.

 

Menurut Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), memang ada kecenderungan seseorang mendadak menjadi agresif usai keluar dari kemacetan. Peristiwa tersebut diklasifikasikan sebagai psychophysiological stress, yakni kemarahan mental yang memicu respons stres fisiologis yang berakibat persepsi dan penilaian kognitifnya menurun. Makanya, ada cara biar tidak stress pas macet di pancoran pengadegan kalibata dan sekitarnya dan ini penting untuk di ketahui

Ada banyak sebab mengapa seseorang menjadi agresif di jalan raya setelah melewati kemacetan. Bisa karena berusaha menebus waktu yang hilang karena kemacetan sebelumnya dan khawatir telat masuk kantor, atau terserang euforia kebebasan atau akhir dari cobaan sehingga menjadi over excited.

1. Bila Anda merasa mulai stres, segera tarik napas dalam dari hidung dan keluarkan dari mulut. Lakukan ini minimal 5 kali. Tujuannya agar oksigen tersuplai ke otak dan Anda dapat berpikir jernih. Cara ini ampuh sebagai tips menghindari stres karena macet.

2. Pikirkan segala hal posittu untuk mengalihkan pikiran dari pemicu stres tersebut. Bila Anda di mobil bersama keluarga atau teman, cari topik obrolan ringan sebagai pengalih pikiran terhadap situasi lalu lintas yang macet.

3. Lakukan kegiatan yang menyenangkan, misalnya dengan mendengarkan musik dan ikut bernyanyi. Terlebih bila lagu yang Anda nyanyikan adalah kesukaan. Selain itu juga bisa melakukan stretching ringan sambil duduk di belakang kemudi.

4. Menjaga jarak aman saat macet. Dengan menjaga jarak aman kemungkinan stres dapat diminimalkan, karena Anda sebagai pengemudi jadi tidak terpancing oleh kesalahan pengemudi di depan yang bisa rem mendadak.

semoga bermanfaat

sumber tablidnova.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *