Apa sih sebenarnya uji KIR?jika mendengar kata uji KEUR atau yang sering disebut dengan uji KIR pasti akan sedikit kebingungan dengan istilah yang satu ini

Buat para  pemilik mobil yang sekarang sudah bergabung dengan taxi online seperti uber , go car dan grab, tentu jika mendengar kata uji KEUR atau yang sering disebut dengan uji KIR pasti akan sedikit kebingungan dengan istilah yang satu ini. lalu apa sih sebenarnya uji KIR ini ?

Uji KEUR ( bahasa belanda ) atau uji KIR ialah serangkaian kegiatan untuk menguji serta memeriksa bagian kendaraan bermotor, kereta tempelan, kereta gandengan, dan kendaraan khusus lainnya dalam rangka memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan. Pengujian ini dilakukan dan diawasi oleh otoritas Dinas Perhubungan. Dan beberapa kendaraan yang wajib untuk dilakukan uji KIR ini antara lain ialah seluruh mobil yang menggunakan plat kuning, serta kendaraan ber plat hitam yang digunakan sebagai kendaraan niaga.

Fungsi kenapa mobil angkutan umum dan niaga ini harus dilakukan pengujian seperti ini tidak lain dan tidak bukan ialah agar kendaraan tersebut memenuhi syarat layak jalan, sehingga nantinya mobil tersebut tidak menimbulkan masalah di jalan raya seperti misalnya kecelakaan, maupun menimbulkan polusi udara.

Pemeriksaan uji KIR ini meliputi pemeriksaan pada sistem pengereman, apakah rem mobil yang sedang diuji tadi pakem ataukah tidak, pemeriksaan kondisi ban apakah ban tersebut layak digunakan ataukah tidak, kondisi wiper mobil bisa berfungsi dengan baik ataukah tidak, pengecekan suara klakson apak bisa didengar dengan baik ataukah tidak, selanjutnya pemeriksaan teknis lainnya seperti pemeriksaan kerusakan kaki kaki ( understeel ), pemeriksaan gas buang kendaraan atau emisi, serta pengecekan instrumen di dasboard mobil serta lampu lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik ataukah tidak, dan pemeriksaan lain terhadap performa kendaraan termasuk pengecekan kondisi mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *